Kamu sedang berkunjung kepulau Madura? Apakah sahabat Nara sedang berada di Kabupaten Pamekasan? Nah, dari dua pertanyaan tersebut, kalau jawabnnya “IYA”. Maka, sahabat Nara wajib banget tau tentang artikel berikut.

Jika sahabat Nara pernah mendengar pepatah yang berbunyi “Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”. Maka pepatah tersebut sangat cocok untuk menggambarkan tentang destinasi wisata yang ada di kabupaten Pamekasan. Mengapa demikian? Sebab di kabupaten Pamekasan ada sebuah tempat wisata, dimana ketika kita berkunjung pada satu tempat wisata maka beberapa tempat wisata lain juga bisa kita nikmati.

Destinasi wisata tersebut ialah pantai “Talang Siring”. Pantai yang terhubung langsung dengan laut selatan Madura ini merupakan pantai yang terletak di desa montok, Kecamatan larangan, Kabupaten Pamekasan.

Talang Siring

Pantai Talang SiringDestinasi wisata ini menghadirkan pesona keindahan yang tiada duanya dengan pantai-pantai lain. Pemandangan perahu nelayan-nelayan pencari ikan yang menghiasi bibir-bibir pantai dan volume ombak yang terbilang sangat tenang bisa membuat kita tergoda untuk bermain di sekitaran pantai. Apalagi kedalaman pantai yang terbilang tidak dalam, juga memungkinkan untuk kita mengajak anak-anak bermain saat kondisi air laut surut.

Bahkan, sekalipun kita tidak bermain disekitaran lautnya. Kita juga masih bisa menikmati keindahan itu dari sisi-sisi bibir pantai, ditempat-tempat teduh yang disediakan pengelola. Selain itu, kita juga disuguhkan dengan pemandangan rimbunnya mangrove nan hijau.

pantai talng siring
source image from instagram @_arighi

Wisata Pantai Talang Siring Pamekasan  juga memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan yang bisa dikatan lengkap, seperti area parkir yang luas, mushola, kamar mandi / MCK, rumah makan, dan masih banyak lainnya.

Terus, Apa maksudnya “Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”?

Yap, pertanyaan bagus nih. Saya kira sahabat-sahabat Nara lupa tentang hal ini ketika saya mencoba menjelaskan keindahan pantai talang siring.

Saya ulangi, maksudnya “Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui” disini ialah sekali kita mengunjungi satu tempat wisata ini (Talang Siring), kita juga bisa melanjutkan ketempat wisata lain yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai talang siring ini. Yaitu Vihara Avalokitesvara .

Vihara Avalokitesvara

Vihara - narantau maduraVihara yang terletak di Dusun Candi, Desa Polagan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan dimana lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Talang Siring ini disinyalir adalah Vihara terunik di Indonesia.

Pernah dalam sebuah Pemberitaan Tempo.co di beritakan bahwa Vihara Avalokitesvara tersebut masuk dalam catatan museum Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai kelenteng terunik dan simbol perdamaian umat berbeda keyakinan. Sebab, di vihara ini terdapat dua tempat ibadah umat beragama lain, yakni tempat ibadah umat Islam (mushala) dan tempat ibadah umat Hindu (pura). Selain itu, Hampir semua jenis kegiatan di kelenteng ini dibantu oleh umat beda agama, terutama umat Islam dan lokasi kelenteng juga berada di tengah-tengah penduduk beragama Islam.

 

Disisi lain, tempat ini juga masuk dalam kategori tempat yang memiliki Spot foto paling kece. Bagaimana tidak ? Bentuk bangunan yang berarsitektur unik dan nyentrik disertai dengan bentuk bangunan yang khas dengan nuansa Tionghoa memiliki daya tarik tersendiri untuk diabadikan, apalagi untuk menjadi bahan upload di media sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.